Ciri Ciri Infeksi Rahim

Ciri ciri infeksi rahim .- Artikel ini akan menjelaskan tentang ciri ciri infeksi rahim. Karena tidak sedikit juga para wanita luput dari deteksi penyakit ini. Salah satu penyebabnya yaitu sering berganti pasangan dalam melakukan hubungan intim.

ciri ciri infeksi rahim

Ciri Ciri Infeksi Rahim

Infeksi rahim atau endometritis adalah peradangan lapisan rahim. Kondisi ini biasanya terjadi setelah wanita melahirkan, tetapi bisa juga terjadi pada wanita yang belum pernah hamil. Infeksi rahim biasanya berjalan dari saluran rahim yang lebih rendah menyerang endometrium.

Ciri ciri terjadinya infeksi rahim pada wanita ada beragam, mulai dari yang ringan, kemudian sedang, hingga yang berat. Semua infeksi ini tentu harus ditangani dengan tepat dan baik. Yang mesti anda ketahui yaitu keluhan-keluhan awalnya.

Gejala-gejala penyakit ini tidak terlalu spesifik, sehingga banyak perempuan yang tidak sadar bahwa mereka sedang menderita infeksi rahim. Ciri khas seseorang yang sedang menderita infeksi rahim, seperti:

  • Nyeri perut
  • Menstruasi tidak teratur
  • Ketidak nyamanan pada usus
  • Demam di sertai flu
  • Nyeri di daerah panggul bawah, rasa nyeri tersebut terjadi di luar siklus mesntruasi

Spesialis kandungan dan kebidanan dr. Inneke Sirowanto, SpOG menjelaskan, infeksi rahim bisa terjadi pada siapa aja. Gejala maupun ciri yang ditimbulkan juga tergantung seberapa parah kondisi infeksinya.

Ciri atau tanda infeksi rahim ringan misalnya, bisa ditandai dengan wanita yang sulit hamil, namun ada juga yang mengalami nyeri pinggul di luar siklus menstruasi ataupun keputihan. Biasanya gejala ini termasuk infeksi sedang atau berat.

Jika infeksi yang terjadi pada saluran rahim dan kondisi infeksi sudah cukup berat atau memasuki masa tumor atau kanker rahim, maka sel telur harus diangkat. Karena jika tidak, akan menghambat kehamilan dan dapaat mengakibatkan kemandulan.

Tanda yang paling umum terjadinya penyakit infeksi rahim, diantaranya:

  1. Cairan
    Hal ini dapat menjadi terinfeksi sebelum atau selama persalinan. Jika bayi anda melewati mekonium (buang air besar pertama) sebelum anda melahirkan, risiko infeksi meningkat.
  2. Penyakit radang panggul
    Penyakit radang panggul merupakan infeksi salah satu organ kewanitaan.
  3. Jaringan tetap
    Setelah melahirkan atau keguguran, plasenta atau bagian lain jaringan dapat dibiarkan di dalam rahim anda yang menyebabkan infeksi.
  4. Infeksi seksual yang menular
    Hal ini juga di kenal IMS. Ada kemungkinan anda mendapat penyakit ini dari hubungan seksi dengan pasangan yang terkena infeksi.

Keluhan-keluhan dibawah ini bisa untuk anda mengenali ciri ciri infeksi rahim, diantaranya:

  • Nyeri yang terus menerus pada perut bagian bawah
  • Munculnya pendarahan atau flek diantara waktu siklus menstruasi (Yang seharusnya tidak keluar)
  • Deman yang terlalu sering muncul
  • Keluarnya keputihan dari organ intim yang berwarna dan berbau tidak sedap serta dalam jumlah yang banyak
  • Nyeri saat berhungan intim
  • Keluarnya darah selesai atau saat berhungan intim yang tidak wajar
  • Sensasi terbakar ketika sedang berkemih atau setelah selesai berkemih

Pencegahan infeksi rahim

  • Pemeriksaan kesehatan rutin pada diri sendiri dan pasangan, lakukan pemeriksaan ginekologi atau tes infeksi menular seksual untuk mendeteksi gejala penyakit radang panggul atau penyakit lainnya. Semakin cepat penyakit terdiagnosa semakin cepat pula kesuksesan pengobatan.
  • Segera temui dokter jika anda merasakan gejala-gejala infeksi lainnya yang tidak seperti biasanya.
  • Pertahankan kebiasaan kebersihan yang sehat, hindari mencuci vagina (vagina douching) dan bilaslah alat kelamin dari arah depan ke belakang seusai buang air kecil untuk mencegah bakteri masuk melalui vagina.
  • Tidak berhungan seksual beberapa saat khususnya setelah persalinan, keguguran, aborsi, atau setelah melalui prosedur ginekologi lain untuk menjaga agar kondisi rahim tetap aman dari infeksi bakteri.

Cara pengobatan Infeksi rahim

Infeksi rahim juga bisa menyebabkan komplikasi yang serius seperti kemandulan, nyeri panggul berkepanjangan hingga yang lainnya. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk para penderita infeksi rahim dan obat-obatan tersebut harus diminum sesuai dengan aturan dan resep yang dokter berikan. Dan untuk anda yang ingin mengobati penyakit infeksi rahim dengan cara alami dan juga aman dikonsumsi kami menyarankan menggunan obat herbal Walatra Jelly Gamat. (Baca: Obat Infeksi Rahim Secara Alami)

Dan sebagai penutup dari artikel ini, Penting bagi wanita untuk menjaga kebersihan vagina anda agar tidak terjadi infeksi lainnya. Semoga atrikel ini bermanfaat dan dapat memberi kesembuhan. Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *